Laman

De Klein Switzerland


Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di pulau Jawa yang memiliki potensi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi oleh berbagai wisatawan dari dalam kota maupun luar kota hingga wisatawan manca negara. Salah satu kota wisata yang berada di provinsi jawa timur yang menarik untuk dikunjungi adalah Kota Batu. 
Kota ini terletak 15 km sebelah barat Kota Malang berada di jalur Malang-Kediri dan Malang-Jombang. Kota Batu berada pada ketinggian rata-rata 871 m di atas permukaan laut yang dikelilingi beberapa gunung. Seperti halnya  wilayah pegunungan lainnya yang subur, Batu dan sekitarnya memiliki panorama alam yang indah dan berudara sejuk, tentunya hal ini akan menarik minat masyarakat lain untuk mengunjungi dan menikmati Batu sebagai kawasan pegunungan yang mempunyai daya tarik tersendiri. 

Keelokan dan keindahan Kota Batu membuat bangsa Belanda kagum dan mensejajarkan wilayah Batu dengan sebuah negara di Eropa yaitu Switzerland dan memberikan predikat sebagai De Klein Switzerland atau Swiss kecil di Pulau Jawa. Konon zaman dahulu The Father Foundation of Indonesia yaitu Bung Karno dan Bung Hatta memilih untuk mengunjungi dan beristirahat di kawasan Selecta Batu setelah Perang Kemerdekaan.

Kota yang pernah dijuluki sebagai Swiss Kecil di Pulau Jawa serta kawasan wisata pegunungan yang sejuk memiliki berbagai objek wisata diantaranya yaitu : 
  • Wisata Gua yang terdapat di Cangar dan TIekung.
  • Air Terjun seperti Coban Rais dan Coban Talun.
  • Pemandian air dingin dan panas yaitu pemandian Songgoriti, pemandian Selecta dan pemandian Cangar berupapemandian panas yang mengandung belerang.
  • Agrowisata
  • Perkemahan
  • Wisata lainnya seperti Jawa Timur Park 1, Jawa timur Park 2, Batu Night Spectacular, Batu wonderland, Wisata udara Paralayang dan masih banyak lagi.  
Batu juga dikenal sebagai kawasan agropolitan,sehingga mendapat julukan Kota Agropolitan. Batu juga dikenal sebagai Kota seniman karena terdapat banyak sanggar lukis maupun galeri seni di kota ini.  Kota batu seperti kota lainnya juga memilki kuliner khas seperti nasi bakar empok ikan tengiri, sate kelinci, kripik buah-buahan,dan masih banyak lagi. Tidak hanya dikenal dengan wisatanya yang menarik dan bertaraf internasional, De Klein Switzerland ini juga memiliki even kegiatan yang juga menarik diantaranya 
Jagad Seni Throng Thong Dor di Car Free Day 3, Inovasi Kreativitas Melalui Wisata Artifisial, dan baru baru ini Batu mengadakan even yang bergengsi yaitu Gebrak Batu Flower Festival  yang dilaksanakan kurang lebih 6 bulan yang dihadiri tamu manca negara seperti Polandia dan USA. 

Itu tadi sekilas tentang Kota Batu semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar